Ini Dia Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir

 On Minggu, 20 Desember 2015  

Ini Dia Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir
Bisa membantu kucing yang sedang melahirkan adalah suatu pengalaman yang sangat menegangkan sekaligus menyenangkan dan menggembirakan jika kucing dan anaknya bisa selamat. Tugas kita yang selanjutnya adalah bagaimana cara kita merawat anak-anak kucing yang baru lahir tersebut dengan baik dan benar, agar nantinya anak kucing dapat tumbuh menjadi sehat hingga dewasa.
Meskipun induk dari kucingnya tersebut juga memiliki naluri untuk bisa merawat anak-anaknya, tapi kita juga harus memperhatikan anak kucing yang baru lahir, agar tidak terjadi beberapa hal yang tidak diinginkan.

Selain dengan hal tersebut, yang paling penting di dalam merawat anak kucing yang baru lahir ini adalah dengan menjaga suhu supaya tetap hangat, karena anak kucing yang baru lahir masih belum bisa beradaptasi dengan suhu yang dingin.

Bahkan bukan hanya suhunya saja yang harus diperhatikan, ada beberapa hal penting lainnya yang juga harus Anda perhatikan dalam merawat anak kucing yang baru lahir. Apa sajakah hal-hal pentingnya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cara merawat anak kucing baru lahir beserta perlengkapannya

Silakan Anda mulai dari menyedakan tempat tidur kucing atau “Kitty bed”, jika tidak ada dapat menggunakan kain handuk atau pun kain flanel untuk alas agar hangat. Selain itu, berikan lampu menghangat ditempat tidurnya.

Untuk kucing yang baru lahir, siapkan juga botol susu berukuran kecil atau Anda bisa menggunakan suntikan dengan ukuran 1 hingga 3 cc (tanpa jarum). Pilih susu KMR (Kitten Milk Replacer), kami sarankan agar Anda memilih susu kambing bubuk karena susu ini memiliki kandungan nutrisi yang mendekati dengan air susu kucing, untuk jaga-jaga jika sih induk kucing tidak mau menyusuinya.

Cara tepat merawat anak kucing baru lahir

Kucing yang baru lahir ini umumnya tidak bisa langsung beradaptasi dengan suhu yang dingin, oleh sebab itulah usahakan hal yang pertama kalinya Anda lakukan adalah memastikan bahwa anak kucing tidak kedinginan.

Berikan lampu penghangat, untuk menjaga kondisi suhu agar tetap hangat, apalagi jika musim penghujan tiba, ini adalah cara yang tepat untuk merawat anak kucing, karena kucing yang baru lahir tidak bisa tahan terhadap dingin.

Selain itu, perhatikan juga anak kucing saat menyusu pada induknya, pastikan jika anak kucing dapat menyusu pada induknya, namun jika induk sih kucing tidak mau menyusuinya atau pun air susunya belum keluar, maka berilah KMR atau susu kambing.

Jangan lupa untuk mencatat berat badan anak kucing disetiap harinya untuk mengetahui perkembangan berat badannya, jika ada salah satu anak kucing yang berat badannya tidak bertambah, silakan beri susu tambahan.

Nah, itulah cara merawat anak kucing yang baru lahir. Semoga bermanfaat dan menginspirasi Anda semuanya.

Ini Dia Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir 4.5 5 nulzen Minggu, 20 Desember 2015 Bisa membantu kucing yang sedang melahirkan adalah suatu pengalaman yang sangat menegangkan sekaligus menyenangkan dan menggembirakan jika...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to top