Cara Membersihkan Telinga Kucing yang Benar

 On Minggu, 20 Desember 2015  

Cara Membersihkan Telinga Kucing yang Benar
Membersihkan telinga kucing adalah rutinitas yang wajib Anda lakukan untuk menjaga kebersihan telinga kucing dan juga mencegah tungau telinga atau pun earmite, bahkan membersihkan telinga kucing ini juga berguna untuk mencegah infeksi bakteri dan jamur pada kotoran yang dapat menyumbat di telinga kucing kesayangan Anda.

Untuk membersihkan telinga kucing ini terbilang gampang-gampang susah, yang kebanyakannya kucing tidak suka dipegang telinganya, sebab telinga kucing adalah salah satu bagian yang cukup sensitif dari kucing. Meskipun hal ini sulit, tetap harus Anda lakukan, jangan sampai menunggu kucing terkena infeksi telinga atau pun radang telinga pada kucing. Untuk itulah pada kesempatan yang baik ini kami akan menjelaskan beberapa cara membersihkan telinga kucing serta perlengkapan yang harus dipersiapkan. Ingin tahu seperti apa? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Perlengkapan yang harus disiapkan untuk membersihkan telinga kucing


Silakan siapkan sarung tangan, usahakan untuk selalu menggunakan sarung tangan, bisa yang terbuat dari plastik atau pun karet. Selain itu Anda juga harus mempersiapkan cotton buds, carilah yang berukuran tidak terlalu besar, dan siapkan juga kapas dan tissue. Terakhir silakan Anda carikan pembersih telinganya, atau Anda bisa menggunakan obat tetes telinga untuk kucing, jika telinga kucing kesayangan Anda sudah terkena infeksi dan juga earmite.

Cara membersihkan telinga kucing yang benar

Nah, untuk cara membersihkan telinga kucingnya, hal yang pertama harus Anda lakukan adalah memegangi dan memposisikan kucing di meja atau pun di pangkuan, jika memang kucing Anda tidak mau diam, silakan balut dengan handuk.

Setelah itu pastikan Anda sudah menggunakan sarung tangan terlebih dahulu, kemudian lipat telinga kucing hingga pada bagian dalam teinganya terlihat. Teteskan cairan pembersih telinganya 1 hingga 3 tetes.

Tunggulah 15 hingga 20 detik, kemudian pijat bagian belakang telinga secara perlahan agar cairan pembersih merata. Lap kotoran pada telinga yang ada dibagian luar dengan kapas atau tissue, kemudian bersihkan kotoran dilekukkan telinga bagian dalam dengan cotton bud secara perlahan.

Hati-hati ketika membersihkan menggunakan cotton bud ini, jangan sampai terlalu keras dan jangan terlalu dalam juga saat mengorek kotorannya, supaya telinga kucing Anda tidak iritasi atau pun terluka. Jika kucing berontak, silakan hentikan sesaat hingga kucing kembali tenang. Usahakan saat membersihkan telinga kucing ditempat yang terang, hingga terlihat telinga kucing bagian dalamnya.
Bersihkan telinga kucing secara bertahap, dapat dilakukan setiap harinya hingga kotoran yang ada di dalam telinga kucing keluar dan mudah dibersihkan.

Demikianlah sedikit informasi yang dapat kami rangkumkan untuk Anda tentang cara membersihkan telinga kucing yang benar, semoga bisa bermanfaat.

Cara Membersihkan Telinga Kucing yang Benar 4.5 5 nulzen Minggu, 20 Desember 2015 Membersihkan telinga kucing adalah rutinitas yang wajib Anda lakukan untuk menjaga kebersihan telinga kucing dan juga mencegah tungau tel...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to top